Apa SEO itu...?

Apa SEO itu...? adalah hal yang Sistem Komputer paparkan saat ini karena sangat menarik. Banyak hal yang mungkin bisa didapatkan dari tulisan tentang Apa SEO itu...? ini.

Belajar SEO
Optimisasi mesin pencari atau dibilang SEO yang dalam artikel bahasa inggrisnya disebut Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sitemasis dan profesional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan bentuk, isi (volume) dan kualitas sebuah website atau blog melalui trafik kunjungan mesin pencari dengan memanfaatkan meningkatkan algoritma alias mekanisme kerja mesin pencari (kebanyakan orang dengan menyebut Mbah Google).

Tujuan dari SEO itu sendiri untuk memposisikan sebuah website atau blog diurutan teratas, ataupun berada pada posisi dihalaman pertama saat pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu yang ditargetkan. Secara logis atau gampangnya, situs web yang berada diposisi teratas pada pencarian memiliki peluang besar untuk pertama kali dikunjungi.

Sejalan makin berkembangnya pemanfaat jaringan internet sebaga media bisnis online, kebutuhan atas SEO juga akan semakin eningkat bak orang mencintai seseoarang. Berada pada posisi teratas di mesin pencari merupakan idaman semua pengelola situs web dan akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan berbais jaringan internet (web) untuk mendapatkan konsumen baru ataupun pengunjung baru. Atas semua inilah dimanfaatkan oleh perusahaan atau person yang menggeluti dunia jaringan internet (webmaster) untuk menawarkan jasa optimasi mesin pencari bagi perusahaan dan person yang memiliki basis bisnis online di jaringan.

Berdasarkan situs yang sya kunjungi di http://id.wikipedia.org mengunkapkan sedikit sejarah tentang SEO sebagai berikut:

SEO menurut salah satu tokoh SEO, Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Pada awalnya, Versi algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya berdasarkan informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka kelola. Meta tag adalah penyedia informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian keyword (katakunci) yang dibuatnya. Sebagian webmaster melakukan manipulasi alias kecurangan dengan cara menuliskan katakunci (meta tags) yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya atau aslinya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Dengan seperti itu, berakibat hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas serta akurat.

Dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Prinsip kerja PageRank secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web atau blog yang memperoleh peringkat teratas adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain (link eksternal). Jumlah atau nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi pula. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Goole, Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan serta akurat. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian. SELENGKAPNYA atau SEPENUHNYA

Sistem Komputer

Sitemap 1 2 3 4 5